Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Balita

Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Balita

Melihat si Kecil bermain dengan riang rasanya sangat menenteramkan hati ya, Mum. Di usianya saat ini, ia memang sangat bersemangat jika diajak beraktivitas. Oleh karena itu, asupan nutrisi seperti buah dan sayuran serta susu balita terbaik penting diberikan secara rutin untuk menunjang aktivitasnya.

Jika nutrisi si Kecil tidak tercukupi, daya tahan tubuhnya pun bisa menurun. Hal ini dapat membuat ia lebih rentan terserang berbagai penyakit. Apa saja ya jenis penyakit yang sering menyerang balita dan perlu Mum waspadai? Yuk simak ulasannya, berikut cara mengatasinya di bawah ini!

Influenza

Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan flu atau pilek ini terjadi karena infeksi virus. Gejala dari penyakit ini adalah sering bersin, hidung berair, sakit tenggorokan, hingga rasa nyeri di sekujur tubuh. Jika si Kecil terserang flu, tindakan pertama yang bisa Mum lakukan adalah memberinya air putih lebih banyak dari biasanya, serta susu anak secukupnya. Kemudian, ajak ia beristirahat untuk mengembalikan daya tahan tubuhnya. Mengingat penyakit ini mudah ditularkan lewat sentuhan dan udara, ajak si Kecil untuk rajin mencuci tangan serta tidak berada di dekat penderita flu.

Diare

Diare bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi virus, alergi, ataupun keracunan makanan. Gejala yang ditimbulkan adalah buang air besar dengan frekuensi yang lebih sering, serta kondisi kotoran yang berbentuk cair. Pertolongan pertama jika si Kecil terserang diare adalah dengan memberikannya banyak air putih, larutan oralit, atau susu balita terbaik untuk menggantikan cairan tubuhnya yang hilang. Kemudian, memastikan makanan yang ia konsumsi berada dalam kondisi bersih dan dimasak dengan baik, adalah salah satu tindakan yang bisa Mum lakukan agar si Kecil terhindar dari diare.

Demam

Demam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah bentuk perlawanan tubuh terhadap infeksi. Si Kecil bisa dikatakan demam jika temperatur tubuhnya melebihi 37.5 °C. Untuk menguranginya, Mum bisa mengompres si Kecil dengan air hangat. Selain itu, berikan juga asupan cairan yang cukup, seperti air putih atau susu balita terbaik agar ia terhindar dari dehidrasi.

Cacar Air

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat menyebabkan timbulnya bintik merah yang lepuh dan gatal di sekujur tubuh. Jika si Kecil terserang penyakit ini, Mum bisa membantu mengurangi rasa gatal pada bintik merahnya dengan mengoleskan salep khusus sesuai petunjuk dokter. Untuk pencegahan, jaga asupan nutrisi si Kecil dengan rajin memberikan makanan bergizi serta susu anak secara teratur. Lalu, ajak juga ia untuk melakukan imunisasi ya, Mum, karena penyakit ini juga bisa menyerangnya ketika dewasa nanti.

Pink Eye

Dikenal juga dengan sebutan konjungtivis, penyakit ini terjadi karena peradangan selaput transparan yang melapisi bagian dalam kelopak mata. Gejala dari penyakit ini adalah bagian mata berwarna putih yang berubah menjadi kemerahan, serta terasa berpasir ketika dikedipkan. Tak jarang, penyakit ini juga menimbulkan kotoran pada mata. Untuk mengobatinya, berikan obat tetes atau salep mata sesuai resep dokter. Supaya si Kecil terhindar dari penyakit ini, cegah bakteri berkembang dengan memastikan tangan si Kecil selalu bersih ya, Mum.

Nah, itulah lima penyakit yang sering menyerang balita. Agar si Kecil bisa terhindar dari berbagai penyakit, jaga terus sistem kekebalan tubuhnya dengan memberikan makanan yang mengandung Protein, Vitamin, dan Mineral, serta susu anak secara rutin.

Friso Gold 3 diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, dan Selenium. Susu premium ini diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh. Pencenaan yang baik akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Itulah yang membuat susu Friso menjadi susu balita terbaik.