Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Waspadai Diare yang Menyerang Balita di Musim Hujan

Waspadai Diare yang Menyerang Balita di Musim Hujan

Memasuki musim penghujan, kuman dan bakteri dapat berkembang biak dengan mudah, karena kelembapan yang tinggi di lingkungan sekitar kita. Oleh sebab itu, si Kecil membutuhkan perlindungan lebih agar iaterhindar dari berbagai penyakit. Daya tahan tubuh si Kecil bisa diperkuat dengan dukungan makanan bergizi serta susu balita terbaik,yang kandungan nutrisinya mudah dicerna dan diserap tubuh. Salah satu penyakit yang berisiko menyerangnya di musim hujan adalah diare. Nah, berikut ini merupakan informasi seputar diare yang perlu Mum ketahui.

Apa itu diare? 

Sesungguhnya diare bukanlah penyakit, namun pertandaadanya “benda asing” yang membahayakan dalam saluran pencernaan si Kecil, yaitu kuman. Jadi, diare merupakan bentuk penolakantubuh terhadap kuman yang ada di dari sistem pencernaan. Pada masa tumbuh kembang balita, si Kecil rentan terserang diare, apalagidi musim hujan seperti saat ini.

Berbagai gejala diare yang bisa dialami si Kecil adalah seringnya buangair besar (BAB) yang sedikit cair, mual, kram perut, dehidrasi karena hilangnyacairan tubuh, kulit pucat, serta bibir kering. Jika si Kecil terus muntah-muntahdan ditemukan bercak darah saat BAB, kemungkinan ia menderita diare yang lebih serius.Segera periksakan ia ke dokter ya, Mum.

Apa penyebab diare?

Diare bisa disebabkan oleh berbagai hal,seperti infeksi virus ataupun bakteri, tercemarnya makanan dan minuman, alergi,hingga efek obat-obatan yang mengganggu kesehatan lambung. Ketika musim hujantiba, bakteri dan kuman penyebab diare lebih mudah menyebar karena kelembapan lingkungandi sekitar kita yang cenderung meningkat. Si Kecil pun bisa tertular kuman-kumanpenyebab diare melalui makanan yang tercemar. Itulah salah satu alasan mengapa Mumperlu memerhatikan asupan yang dikonsumsi si Kecil selama masa perkembangan balita.

Bagaimana cara mencegah & mengatasi diare?

Saat terserang diare, si Kecil kehilangan banyakcairan tubuh. Oleh karenanya, Mum perlu memastikan bahwa ia cukup minum untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut.Selain itu, Mum juga bisa memberikan larutan oralit yang bisa didapatkan diapotek terdekat, atau dibuat sendiri dari campuran 125 ml air putih (untuk anak di atas 2tahun), ½ sdt garam, dan 6 sdt gula. Jikadiare tak kunjung sembuh, disarankan Mum segera membawa si Kecil ke dokter.

Untuk mencegah diare, Mum perlu membiasakan siKecil untuk mencuci tangannya dengan sabun, sebelum atau sesudah beraktivitas.Pastikan juga ia tidak jajan sembarangan. Lingkungan yang bersih dapat memengaruhi kesehatan dan perkembangan anak, lho.

Bagaimana, Mum? Itulah serba-serbi diare pada balitayang perlu diketahui. Untuk melindungi si Kecil dari dalam, sajikan juga susu balita terbaik yang nutrisinya mudah dicernadan diserap tubuh ya, Mum.

Susu Friso Gold 3 (untuk anak 1-3 tahun)atau Friso Gold 4 (untuk anak 3 tahun ke atas) diformulasikan dengan kandungan Probiotik, VitaminA, C, dan E, serta Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium untukmelindungi sistem pencernaan si Kecil dari dalam. Baiknya lagi, Frisodiproduksi dengan konsep Single Processtanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami susu balita terbaik tersebut mudah dicerna dan diserap tubuhdengan optimal.