Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Waspadai Gejala Tipes Pada Anak, Mums Bisa Simak Artikel Ini

Waspadai Gejala Tipes Pada Anak, Mums Bisa Simak Artikel Ini

Tidak sedikit penyakit yang bisa mengganggu fase tumbuh kembang si Kecil ketika ia berusia sangat mudah. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh si Kecil yang belum terbentuk sempurna, dan akan semakin buruk ketika dikombinasikan dengan pola hidup yang kurang sehat. Tipes, menjadi penyakit umum yang mendera ketika kombinasi ini terjadi. Tentu saja, hal ini menuntut Mums harus paham benar gejala tipes pada anak agar bisa disikapi dengan cepat dan tepat.

Tipes sendiri, atau biasa disebut demam tifoid, disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi yang biasa hidup pada makanan yang kurang higienis atau air kotor. Tidak heran jika di Indonesia penyakit ini masih dapat dikatakan subur, sebab anak-anak masih sering membeli makanan yang dijajakan di pinggir jalan, dan tentu tidak terjamin kehigienisannya.

Penularan tipes juga dapat terjadi karena kebiasaan si Kecil memasukkan benda ke dalam mulutnya. Hal ini meningkatkan resiko masuknya bakteri dan virus jahat yang menempel pada benda tersebut. Ketika mikroba jahat masuk dan tubuh si Kecil tidak memiliki daya tahan yang baik, maka si Kecil akan mudah sekali terserang penyakit.

Gejala Tipes pada Anak yang Paling Tampak

Waspadai Gejala Tipes Pada Anak, Mums Bisa Simak Artikel Ini

Tipes, seperti banyak gangguan kesehatan lain yang mungkin mengancam si Kecil, memiliki gejala dan tanda yang dapat dilihat dengan cukup mudah. Sialnya, tanda-tanda yang muncul pada si Kecil yang terkena tipes tidak jauh berbeda dengan penyakit biasa lain. Hal ini yang kemudian menuntut kepekaan Mums dalam mendeteksi adanya gejala tipes yang muncul pada si Kecil.

Setidaknya ada 8 gejala yang paling nampak dan bisa diamati, di antaranya adalah demam tinggi, sakit perut disertai diare, tubuh pegal-pegal, sakit kepala, sakit tenggorokan, mengalami sembelit, kehilangan nafsu makan, dan munculnya bintik merah pada kulit (utamanya area dada). Gejala ini jika muncul secara bersamaan, sangat direkomendasikan untuk membawa si Kecil ke dokter untuk memastikan kondisinya.

Gejala yang Muncul Harus Segera Disikapi

Waspadai Gejala Tipes Pada Anak, Mums Bisa Simak Artikel Ini

Meski tingkat keparahan gejala yang muncul tidak dapat disamaratakan antara satu penderita dan penderita lain, gejala ini harus segera disikapi. Gejala ini akan dipengaruhi daya tahan tubuh dan imunitas si Kecil, jadi semakin kuat daya tahan tubuh si Kecil maka gejala yang muncul cenderung akan semakin ringan.

Tipes sendiri dapat memicu masalah komplikasi serius yang bisa membahayakan keselamatan si Kecil jika tidak cepat ditangani. Bisa saja komplikasi tersebut memicu munculnya masalah pada organ vital (paru-paru dan jantung), pneumonia, pleuritis hingga masalah pada bagian usus si Kecil.

Pada kasus yang cukup parah dimana tipes dibiarkan terlalu lama, gangguan pada bagian usus akan menjadi serius. Tidak hanya mengalami iritasi, usus juga berpotensi berlubang dan membuat lapisan dalam perut menjadi terinfeksi. Ketika ini terjadi, langkah yang harus dilakukan adalah membawanya ke dokter untuk mendapat penanganan serius.

Sikap yang Harus Mums Ambil

Waspadai Gejala Tipes Pada Anak, Mums Bisa Simak Artikel Ini

Sikap pertama tentu adalah membawanya untuk berkonsultasi ke dokter, ketika gejala-gejala ini muncul pada waktu yang bersamaan. Tujuannya untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan si Kecil, sehingga bisa ditangani dengan baik.

Tak jarang dokter akan memberikan antibiotik untuk penanganan pertamanya (seperti Chloramphenicol, Amoxicillin, dan Ceftriaxone). Antibiotik ini dapat membantu tubuh menghadapi bakteri jahat yang sudah terlanjur masuk, sekaligus menghambat pertumbuhannya. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat penurun panas seperti Paracetamol dan sejenisnya.

Selanjutnya, Mums harus memastikan untuk tetap memberikan suplai cairan untuk tubuh si Kecil. Cairan ini dimaksudkan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat keringat dingin dan demam yang dialami si Kecil sehingga ia tidak sampai mengalami dehidrasi.

Terakhir, tentu adalah memberikan waktu istirahat yang cukup untuk si Kecil agar gejala tipes pada anak yang dialami bisa cepat membaik. Ketika beristirahat, tubuh si Kecil bisa memaksimalkan kerja sistem kekebalan tubuhnya, sehingga perlawanan terhadap bakteri Salmonella Typhi yang sudah masuk bisa terjadi secara optimal.

Langkah Pencegahan Penularan Tipes

Waspadai Gejala Tipes Pada Anak, Mums Bisa Simak Artikel Ini

Mengingat tipes sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri yang ada pada makanan dan minuman yang tidak higienis, langkah pencegahan yang bisa dilakukan paling utama adalah menjaga kebersihan dan higienitas makanan yang akan dimakan. Hal ini diiringi pula dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, untuk memastikan kuman dan bakteri yang mungkin menempel di tangan bisa mati.

Mums juga dapat memberikan bekal makanan dan minuman untuk si Kecil yang dibuat sendiri di rumah untuk memastikan higienitas makanan yang dikonsumsi si Kecil terjaga. Tentu saja, standar makanan higienis yang berasal dari dapur Mums akan lebih baik daripada makanan yang dijajakan di pinggir jalan.

Baca Juga : Kenali Jenis Sakit Perut pada Anak dan Tips Pencegahannya!

Memahami gejala tipes pada anak merupakan langkah awal yang baik untuk dapat menyikapi penyakit ini dengan tepat. Untuk mendukung langkah ini, pastikan juga Mums selalu memberikan nutrisi yang cukup setiap harinya agar si Kecil dapat memiliki daya tahan tubuh yang baik. Berikan pula Friso Gold 4 untuk mendukung hal ini. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami di dalam Friso Gold 4, sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya, dan selalu jaga kesehatan tubuh demi optimalnya tumbuh kembang si Kecil!