Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Waspadai Konsumsi Makanan Ini Agar Si Kecil Terhindar dari Gangguan Lambung

Waspadai Konsumsi Makanan Ini Agar Si Kecil Terhindar dari Gangguan Lambung

Salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi di setiap belahan dunia adalah gangguan pencernaan. Pernahkan Mums mendapati si Kecil mengalami sakit perut? Kembung? Maag? Atau BAB bermasalah? Semua ini adalah tanda dari gangguan pencernaan. Salah satu yang juga sangat sering terjadi adalah gangguan lambung pada anak-anak.
Masalah lambung yang paling umum, melanjutkan bagian awal tadi, adalah maag. Maag sendiri terjadi karena adanya gas yang terjebak di dalam lambung, sehingga memicu rasa tidak nyaman seperti mulas, perih hingga bagian dada terasa tidak nyaman. Ketika mengalami maag, pola makan si Kecil akan terganggu, dan berlanjut pada kurangnya nutrisi yang diserap oleh tubuh.
Maag sendiri disebabkan oleh dua hal. Pertama adalah pola makan yang tidak teratur. Kedua adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Solusinya tentu sudah jelas, untuk menerapkan pola makan yang teratur dan disiplin, serta menjaga makanan yang dikonsumsi si Kecil setiap harinya.
Sekedar informasi Mums, terdapat beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya gangguan lambung pada si Kecil. Untuk menjelaskan lebih jauh, Mums bisa menyimak poin-poin di bawah ini.

Gorengan

Gorengan di sini tidak hanya berarti sempit sebagai gorengan seperti tahu, atau tempe, atau jenis gorengan lain yang biasa dijadikan camilan. Untuk si Kecil, gorengan berarti lebih luas, yakni setiap makanan yang diolah dengan cara digoreng, namun menggunakan minyak yang kurang sehat.
Makanan yang digoreng akan memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Terlebih ketika Mums membeli gorengan yang dijual di pinggir jalan, yang menggunakan minyak seadanya. Kandungan lemak jahat yang ada di dalamnya jauh lebih tinggi dari nutrisi yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh si Kecil.

Citrus dan Tomat

Jenis citrus dan tomat merupakan makanan yang dapat memicu gangguan lambung pada si Kecil. Mengapa demikian? Sebab kedua jenis makanan ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Konsumsi makanan dengan kadar keasaman tinggi akan membuat bagian sfingter escofagus menjadi kendur dan memicu terjadinya refluks pada anak-anak.
Dalam kadar tertentu pasti setiap jenis makanan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh si Kecil. Namun demikian, jika dikonsumsi secara berlebihan, kedua jenis makanan ini justru akan memberikan resiko seperti yang telah dijelaskan di atas. Kuncinya adalah pada kontrol porsi makanan yang diberikan pada si Kecil.

Brokoli

Mungkin jika membahas brokoli, yang paling sering terjadi adalah makanan ini jadi jenis makanan paling dihindari anak-anak. Nyatanya brokoli memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, sehingga justru memiliki manfaat sangat baik untuk tubuh si Kecil ketika masa pertumbuhan.
Namun demikian konsumsi brokoli yang berlebihan, mungkin sangat jarang terjadi pada anak-anak, justru akan memicu munculnya maag pada si Kecil. Brokoli dapat memicu asam lambung dan produksi gas berlebih pada bagian lambung sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada si Kecil.

Junk Food

Dari sekian banyak jenis makanan, mungkin jenis makanan ini yang jelas-jelas memiliki efek buruk pada kondisi kesehatan, baik secara umum maupun untuk organ pencernaan. Meski mungkin memiliki rasa yang sangat nikmat, junk food benar-benar tidak baik dikonsumsi terlalu sering, baik untuk si Kecil maupun Mums.
Setidaknya secara jelas ada dua hal yang menyebabkan junk food buruk untuk kesehatan. Pertama adalah minyak yang digunakan, kemudian daging olahan yang digunakan. Keduanya dapat memicu berbagai penyakit sebab memiliki kandungan lemak jahat tinggi dan bahkan kolesterol.
Sudah menjadi pengetahuan umum jika junk food memang berdampak buruk untuk kesehatan. Untuk itu ketika Mums ingin memberikan makanan ringan atau camilan, ada baiknya Mums memberikan makanan yang lebih sehat, atau yang dibuat sendiri di rumah demi menjaga kesehatan si Kecil dari resiko tersebut.

Beberapa makanan di atas merupakan makanan yang dapat memicu terjadinya gangguan pada lambung dan sistem pencernaan si Kecil. Sebenarnya untuk mencegah hal ini cukup mudah Mums. Yang perlu dilakukan adalah selektif dalam memilih makanan yang diberikan untuk si Kecil, dan memastikan bahwa kandungan nutrisinya jelas.
Selain itu, Mums juga dapat mencegah gangguan lambung pada si Kecil dengan menerapkan pola makan dan cara makan yang tepat. Berikan jadwal makan untuk si Kecil, sehingga tubuhnya mendapat asupan makanan secara teratur. Untuk cara makan, biasakan si Kecil makan secara perlahan ya Mums. Gangguan pada lambung tidak jarang disebabkan karena cara makan si Kecil yang terlalu cepat, sehingga gas akibat proses pengolahan di dalam lambung tidak dapat dikeluarkan dan terjebak.
Untuk memastikan asupan nutrisi si Kecil terpenuhi, berikan Friso Gold 3. Dengan adanya teknologi Locknutri, kandungan protein di dalam susu Friso Gold 3 tetap terjaga, sehingga nutrisi dalam kondisi alami dan mudah diserap oleh si Kecil hingga membuatnya kuat dari dalam. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil? Mums dapat berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso dengan fitur live chat yang ada di pojok kanan bawah.