Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Waspadai Nyeri Perut pada Anak, Simak 4 Poin Berikut Ini!

Waspadai Nyeri Perut pada Anak, Simak 4 Poin Berikut Ini!

Ketika Mums dihadapkan pada pertanyaan, keluhan kesehatan apa yang paling sering si Kecil hadapi pada masa balitanya? Apakah sakit kepala? Apakah badan terasa pegal atau kaku? Atau keluhan lainnya? Tentu jawaban yang paling banyak muncul adalah nyeri perut pada anak. Ya, nyeri perut yang dirasakan si Kecil merupakan gangguan kesehatan yang paling sering terjadi, mulai dari si Kecil bayi hingga beranjak balita.
Nyeri pada bagian perut sendiri tidak dapat dipastikan apa penyebabnya hanya dengan melihat satu atau dua gejala. Berbagai hal bisa terjadi dan mengakibatkan nyeri pada bagian perut. Paling wajar ditemui adalah gangguan saluran pencernaan. Selain itu, ada juga nyeri yang disebabkan karena si Kecil terlalu banyak bergerak setelah makan, tanpa diberikan sedikit waktu untuk beristirahat.
Untuk mengetahui apa penyebab nyeri pada perut si Kecil, Mums perlu benar-benar memperhatikan gejala yang muncul dan dirasakan oleh si Kecil. Beberapa poin di bawah ini bisa Mums gunakan sebagai bantuan untuk mengidentifikasi penyebab nyeri perut yang disarankan. Untuk mengetahui lebih pasti, jangan ragu mengunjungi dokter ya Mums. Sebab baik nyeri yang dirasakan ringan atau parah, Mums tidak boleh menganggapnya sepele.

Gastroenteritis

Nyeri perut pada anak ini disebabkan oleh infeksi dari virus Rotavirus, Calicivirus, Adenovirus dan Astrovirus. Selain itu, gangguan ini juga dapat disebabkan oleh bakteri jahat seperti misalnya E.Coli. Gejala awal dari gangguan ini adalah berupa nyeri pada perut, diare, demam disertai muntah, dan menurunnya nafsu makan. Ketika si Kecil menunjukkan gejala tersebut, Mums harus bergerak cepat memberikan pertolongan pertama.
Paling sederhana adalah dengan memberikan asupan cairan yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi pada si Kecil. Larutan oralit dan air mineral dalam jumlah cukup bisa jadi solusi awal. Selanjutnya, sangat direkomendasikan untuk membawa si Kecil ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Konstipasi

Gejala pada gangguan yang satu ini berbeda jauh dengan sebelumnya. Jika sebelumnya ditunjukkan dengan diare, dimana BAB tidak dapat dikontrol dan encer, konstipasi menunjukkan gejala sulitnya BAB pada si Kecil. Kesamaan terletak pada nyeri yang dirasakan si Kecil pada bagian perutnya. Biasanya, konstipasi muncul ditandai dengan perut si Kecil yang terasa keras, serta keluhan si Kecil ketika BAB sulit keluar.
Tidak perlu panik, Mums dapat membantu si Kecil untuk mengatasi konstipasi yang dialaminya dengan memberikan asupan makanan yang mengandung serat. Misalnya saja, seperti buah, sayur, serta asupan cairan yang cukup untuk membantu melunakkan BAB si Kecil. Mums juga bisa membantu si Kecil dengan memberikannya susu kaya nutrisi seperti Friso Gold 4, dengan kandungan nutrisi yang diperlukan si Kecil.

Kembung

Kembung juga bisa jadi penyebab nyeri perut pada anak yang selanjutnya. Kondisi ini ditimbulkan karena keberadaan gas dengan volume berlebih pada bagian lambung, sehingga perut si Kecil akan terasa penuh dan tidak nyaman. Biasanya hal ini dipicu karena konsumsi makanan dengan kandungan gas terlalu banyak atau cara makan yang terlalu cepat sehingga gas yang muncul tidak dapat dikeluarkan.
Untuk mengatasi nyeri akibat kembung, Mums cukup memberikan minuman hangat dan pastikan si Kecil meminumnya perlahan-lahan. Selain itu, Mums juga bisa mengoleskan minyak kayu putih pada bagian perut, dada dan punggung. Minyak kayu putih akan membantu tubuh si Kecil mengeluarkan gas berlebih dan mengurangi nyeri yang dirasakan si Kecil.

Radang Usus Buntu

Ketika si Kecil merasakan nyeri pada bagian perut yang hebat, Mums harus mewaspadai hal ini. Bisa jadi hal tersebut adalah indikasi bahwa si Kecil mengalami radang usus buntu. Radang usus buntu harus segera ditangani oleh dokter agar tidak menimbulkan akibat yang lebih parah untuk si Kecil. Biasanya rasa nyeri akibat radang akan disertai dengan demam dan muntah.
Solusi yang direkomendasikan adalah sesegera mungkin menemui dokter jika nyeri tidak hilang dengan solusi sederhana seperti minum air hangat atau pengolesan minyak kayu putih.

Keluhan nyeri sangat sering ditemui pada anak-anak karena beberapa hal tersebut. Keempat poin di atas baru sebagian kecil saja dari penyebab nyeri yang dirasakan si Kecil pada bagian perut. Namun demikian, empat hal tersebut merupakan penyebab nyeri yang paling sering dialami si Kecil. Karena memiliki gejala hampir sama, Mums harus cermat dalam mengidentifikasinya ya. Jangan ragu untuk membawa si Kecil ke dokter sesegera mungkin jika diperlukan.

Gangguan pencernaan juga tidak lepas dari kurangnya daya tahan tubuh si Kecil terhadap bakteri dan virus. Asupan makanan serta nutrisi yang cukup dapat membantu meminimalisir hal ini. Berikan Friso Gold 4 untuk anak 3 hingga 6 tahun, untuk membantu memenuhi nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang dan membangun daya tahan tubuh. Dengan teknologi Locknutri, Friso Gold 4 mampu menjaga kualitas nutrisi alami yang ada di dalamnya sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Selain itu Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso secara langsung melalui fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang