Lompat ke isi utama
Whoosshh! Ayo Ajak si Kecil Membuat Pesawat Terbang

Ajak Anak Membuat Pesawat Terbang dengan Cara Ini

Ajak anak membuat pesawat terbang bisa meningkatkan kecerdasan dan kreativitas yang berperan penting dalam proses tumbuh kembangnya

Mum, di semester kedua usianya ini, anak semakin lincah dan bersemangat, ya. Oleh sebab itu, aktivitas bermain yang mengasah keterampilan motorik dan sensoriknya seperti menyentuh atau meraih benda, duduk, hingga merangkak, cocok untuk dijadikan pilihan untuknya. Bingung memilih permainan untuknya hari ini? Membuat dan bermain bersama pesawat kertas yang lucu bisa menjadi salah satu ide kegiatan yang menarik, lho. Selamat mencoba, Mum!

Aktivitas Bersama Anak

  1. Saatnya membuat pesawat kertas bersama anak! Cetak template Friso Colorful Paper Planes yang dapat di-download pada bagian Info Pendukung Aktivitas dan ikuti instruksi pembuatan yang tertera di sana.
  2. Setelah pesawat kertas selesai dibentuk, inilah saatnya untuk bertualang bersama pesawat kertasnya itu. Mum bisa memulai dengan mengajak anak untuk memerhatikan bentuk dan warnanya sambil berpura-pura menerbangkannya, “Whoosshhh… Pesawat merah datang! Lihat, pesawat ini terbang berkat sayap yang kokoh di tiap sisinya!”
  3. Mum, mari lanjutkan dengan memeragakan bagaimana pesawat bisa melayang! Terbangkan mainannya tersebut ke arah anak, lalu ajak Ia untuk mencoba merangkak dan meraih pesawat yang sudah mendarat di lantai. Agar Ia semakin bersemangat, jangan ragu untuk ikut merangkak juga bersama anak, ya,
  4. Wow, hebat! Anak sudah berhasil mendapatkan pesawat kertas yang jatuh. Yuk, berikan pujian dan tepuk tangan untuknya. Walaupun kelihatan sederhana, apresiasi dari Mum ini penting bagi anak untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya.
  5. Setelah anak sudah semakin lihai dalam mengambil pesawatnya. Mum juga bisa mengajaknya bergantian menerbangkan pesawat. Namun, jika anak masih belum bisa melemparkan mainan kertasnya itu dengan sempurna, tetap dampingi dan bantu Ia pelan-pelan, ya.
  6. Sambil bermain, abadikan keceriaan anak kala bertualang dengan pesawat kertas miliknya ke dalam bentuk foto ataupun video.Lalu, bagikan momen bahagia tersebut kepada para orang tua lainnya di halaman Facebook Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Sebagai persiapan untuk aktivitas bermain ini, Mum bisa menyediakan:

  • Beberapa lembar kertas HVS kosong
  • Komputer yang dilengkapi dengan akses internet
  • Printer
  • Sedangkan, template Friso Colorful Paper Planes dapat Mum download gambar dibawah ini:

Klik Gambar Untuk Mendownload Kartu & Stiker

Friso Paper Plan 1 thumb Friso Paper Plan 2 thumb

Langkah Langkahnya

Friso Paper Plan 3

 

Saat bermain di dalam rumah, sebaiknya simpan terlebih dahulu perabotan yang mudah pecah atau yang berbahaya bagi anak, misalnya vas kaca atau kursi dan meja.

Satu lagi, sebelum bermain, ajak anak sudah menyantap makanannya dulu, ya. Ini agar Ia terhindar dari gangguan pencernaan akibat perut kosong seperti gas yang berlebih.

Manfaat Bagi Mum

Sebagai orang tua, pastinya tidak ada yang lebih membanggakan daripada melihat perkembangan anak yang semakin pesat. Gerakannya yang semakin lincah dan bersemangat saat mengambil serta menerbangkan pesawat kertas merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Mum yang selalu berusaha memberikan bimbingan terbaik bagi pertumbuhannya selama ini.

Manfaat Bagi anak

Katherine J. Collmer, M.Ed., OTR/L dalam situs www.childdevelopmentclub.org mengemukakan bahwa permainan yang aktif seperti ini amatlah baik bagi anak. Pesawat kertas dengan beragam bentuk dan warna dapat menjadi stimulasi yang cocok bagi kemampuan visual serta berpikirnya. Di saat yang bersamaan, kegiatan ini pun memberikan kesempatan baginya untuk mengenal kosakata baru sambil menjelajahi dan mengamati lingkungan di sekelilingnya. Tak hanya itu, eksplorasi tersebut juga ikut merangsang anak untuk mau dan berani mencoba keterampilan baru tiap saat, mulai dari duduk tanpa bantuan, merangkak, meremas, meraih benda, dan keterampilan lainnya.

Info Gizi dan Nutrisi

Senangnya, saat ini anak sudah bisa bermain dan merangkak dengan lincah dan penuh semangat. Namun, seringkali antusiasmenya yang tinggi saat bermain dengan pesawatnya itu membuat Ia lupa akan rasa letih dan laparnya. Oleh karena itu, tetaplah menjaga kebutuhan nutrisinya saat ini, Mum. Selain dari ASI, di usia ini, makanan pendamping sudah bisa diperkenalkan sebagai jalan untuk mencukupi kebutuhan anak. Mum bisa memberikan compote buah yang diolah dari campuran apel, pisang, dan jambu biji. Kandungan vitamin C pada buah-buahan tersebut akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Dengan begitu, Mum pun tidak perlu khawatir anak lesu saat bermain.