Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Wow, Si Kecil Bisa Membuat Taman Bunga Bersama Mum!

Wow, Si Kecil Bisa Membuat Taman Bunga Bersama Mum!

“Sini Mum, aku yang bawa bunganya,” ucap si Kecil terbata-bata, namun penuh semangat. Betapa menggemaskan sekaligus mengagumkan ya si Kecil ini. Menjelang usia tiga tahun, ia selalu ingin dilibatkan dalam aktivitas sehari-hari. Selain kemampuannya itu, koordinasi tangan dan matanya pun semakin meningkat pada usia ini.

Nah, supaya jari-jari mungilnya semakin terlatih, kenalkan si Kecil konsep bertanam sejak dini, yuk! Caranya mudah lho, Mum. Uniknya lagi, aktivitas “bertanam” ini tidak membutuhkan tanah dan bibit unggul. Mau tahu bagaimana caranya? Ayo kita simak bersama-sama.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Tempat Beraktivitas

    Pertama-tama, ajak si Kecil untuk duduk di area rumah yang paling nyaman. Aktivitas ini bisa dilakukan di halaman rumah agar suasana “berkebun” semakin terasa. Jika cuaca sedang panas atau hujan, Mum bisa mengajaknya beraktivitas di dalam rumah.

  2. Perlengkapan

    Perlengkapan

    Siapkan perlengkapan yang diperlukan, yaitu gambar beragam jenis bunga, gambar pot, gunting, dan lem.

  3. Tuntun Si Kecil

    Tuntun Si Kecil

    Dampingi si Kecil saat menggunting gambar bunga sesuai pola, lalu buat lipatan pada bagian batangnya, sehingga berbentuk seperti tangga. Berikan lem hanya bagian bawah batang dan tempelkan pada gambar pot, hingga bunga terlihat seperti menonjol dari pot kertas.

  4. Biarkan Si Kecil Menjelaskan

    Jika sudah selesai, biarkan si Kecil menjelaskan warna dan bentuk bunga tersebut. Dari situ, Mum bisa melihat aksinya yang lucu, serta keluwesannya dalam mendeskripsikan sebuah objek.

  5. Abadikan Momen Si Kecil

    Saat si Kecil sedang asyik bermain, jangan lupa abadikan aktivitasnya lewat bidikan kamera. Foto-foto ini nantinya bisa dibagikan kepada Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.