Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Yuk, Keliling Dunia Bersama si Kecil!

Yuk, Keliling Dunia Bersama si Kecil!

“Jika aku besar nanti, aku mau naik pesawat terbang dan jalan-jalan keliling dunia!” Saat kecil dulu, mungkin Mum sering berandai-andai dapat mengunjungi berbagai negara yang ada di dunia. Kini, tak ada salahnya mengenalkan imajinasi tersebut pada si Kecil. Siapa tahu, Ia pun juga memiliki impian yang besar untuk menjelajahi tempat-tempat baru, sama seperti Mum!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Yuk, mulai dengan menjelaskan padanya bahwa pesawat memiliki kelebihan dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. “Sayang, dengan pesawat kita bisa melintasi lautan luas dan banyak negara dengan cepat. Seru, bukan?”
  2. Setelah selesai memberikan penjelasan sederhana untuknya, inilah saatnya untuk “keliling dunia” dengannya! Cetaklah Friso World Map yang terdapat pada bagian Info Pendukung Aktivitas. Peta ini berisikan nama-nama negara di berbagai belahan dunia, beserta gambar ikon yang mewakili negara tersebut.
  3. Gunakan Friso World Map untuk mengajak si Kecil berimajinasi bersama. Minta Ia untuk memilih negara tujuannya, lalu berikan fakta-fakta seru mengenai negara tersebut, sesuai dengan keterangan yang ada di Friso World Map. Misalnya, “Tahukah kamu kalau Belanda adalah produsen susu terbesar?” dan sebagainya.
  4. Setelah puas ‘jalan-jalan” dengan si Kecil, Ia kini tentu sudah punya negara favoritnya. Sekarang, buatlah sebuah kolase dalam secarik kertas karton berukuran A4. Tempelkan gambar pesawat terbang (yang bisa Mum ambil dari potongan majalah atau gambar dari internet) di bagian tengahnya, lalu tuliskan judul “Seandainya Aku Bisa Terbang Ke...” di atasnya.
  5. Carilah gambar-gambar menarik yang berhubungan dengan negara kesukaan si Kecil itu di majalah atau internet, lalu gunting dan tempelkan pada kertas karton yang telah dibuat sebelumnya. Supaya lebih menarik, hiasi dengan alat mewarnai yang sudah disediakan. Kini, si Kecil pun memiliki peta rencana perjalanannya sendiri!
  6. Abadikan pose si Kecil bersama kolase indah buatannya itu ya, lalu pamerkan hasil karyanya ke halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID lewat hashtag #FrisoMoments. Dengan begitu, Mum bisa berbagi cerita menarik dengan para Mums lainnya tentang kegiatan ini.

Info Pendukung Aktivitas

Sebelum memulai aktivitas, yuk cetak gambar Friso World Map berikut ini:

[FRISO WORLD MAP]

Download :

Friso World Map (1)

Friso World Map (2)

Friso World Map (3)

Setelah itu, siapkan perlengkapan berikut ini:

  • Kertas karton putih berukuran A4
  • Kertas HVS secukupnya
  • Gunting (jika memungkinkan, gunakan gunting khusus anak yang terbuat dari plastik)
  • Gambar pesawat dan negara-negara dari majalah atau internet
  • Alat mewarnai
  • Lem

Mengajarkan si Kecil untuk menggunting gambar mungkin terdengar menyeramkan ya, Mum. Namun, Mum sebenarnya bisa mulai mengajarkan si Kecil tentang keterampilan ini di usianya sekarang. Caranya? Berikan arahan terlebih dahulu, lalu biarkan si Kecil mencobanya sendiri di bawah pengawasan Mum. Supaya lebih aman, siapkan gunting khusus anak dari bahan plastik untuk aktivitasnya ini. Belajar menggunting tidak hanya bermanfaat untuk melatih keterampilannya. Lebih dari itu, Ia juga bisa belajar untuk melatih koordinasi tangan dan jari serta latihan fokus dan konsentrasi.

Manfaat Bagi Mum

Dengan mengajak si Kecil berimajinasi terbang ke negara-negara lain melalui petanya, Mum pun berkesempatan untuk lebih mendalami isi pikiran si Kecil saat ini, mulai dari pendapatnya mengenai negara-negara tersebut, hingga apa impian dan keinginannya saat ini. Tidak hanya itu, aktivitas ini juga bisa Mum gunakan untuk menggali dan menemukan bakat bawaan yang ada dalam diri si Kecil.

Manfaat Bagi si Kecil

Bermain “keliling dunia” bersama Mum akan memberikan banyak pengetahuan baru mengenai berbagai tempat di dunia yang Ia dapatkan, beserta dengan kekhasan tempat tersebut. Kini, Ia jadi tahu bahwa ada berbagai tempat di belahan dunia lain yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri. Lewat cerita dan obrolannya dengan Mum, si Kecil juga bisa ikut melatih kemampuan berbicara serta mengembangkan perbendaharaan katanya.

Ada satu info yang menarik tentang aktivitas seni yang dilakukan si Kecil saat ini, Mum. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Case Western Reserve University menunjukkan bahwa kegiatan kreatif seperti membuat kolase ternyata mampu mendorong perkembangan kemampuan berpikir serta motorik si Kecil, seperti koordinasi mata dan tangannya.

Info Gizi dan Nutrisi

Meski setiap anak memiliki laju pertumbuhan yang berbeda-beda, tapi satu hal yang pasti, Ia membutuhkan tubuh yang sehat. Pengalaman dan pengetahuan baru yang Mum ajarkan kepadanya melalui aktivitas bermain “Keliling Dunia” ini tentu akan dapat dirasakan oleh si Kecil, apabila Ia didukung dengan kondisi tubuh yang kuat.

Oleh sebab itu, penting untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil dengan makanan yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Beberapa nutrisi kunci yang dibutuhkan si Kecil di usia ini adalah Magnesium, asam lemak Omega-3, Fosfor, dan Vitamin A. Tidak perlu susah-susah mencarinya, Mum. Semuanya itu dapat ditemukan di dalam bahan makanan yang bisa kita temukan sehari-hari, contohnya kacang merah. Agar lebih menarik, cobalah kreasikan kacang merah ke dalam menu makanan si Kecil. Mum bisa membuatnya sebagai bahan kue, sup, ataupun pelengkap cupcake. Dengan begitu, si Kecil tidak akan bosan dengan menu makanannya.

Susu juga dapat menjadi sumber nutrisi tambahan untuk stamina dan tubuh yang kuat. Oleh karena itu, rutinlah memberikan susu pertumbuhan seperti Friso Gold 4 yang diproses melalui konsep “Grass to Glass”, dimana susu tidak melewati pemanasan berlebih, sehingga terjaga kualitasnya dan nutrisinya semakin mudah dicerna oleh tubuh.Yuk, bantu si Kecil memenuhi kebutuhan nutrisinya, agar Ia semakin siap untuk bertualang dan mendapatkan berbagai pengalaman baru!