Lompat ke isi utama
44994-680x340jpg

Cara Membuat Topeng Hewan untuk Asah Keterampilan Anak

Membuat topeng hewan untuk anak ternyata bisa menjadi media stimulasi guna meningkatkan keterampilan si Kecil lho. Ikuti tipsnya di sini, yuk

Aktivitas Bersama Anak

Ayo bimbing anak membuat kreasi terbarunya lewat langkah-langkah di bawah ini:

  1. Cetaklah gambar topeng hewan yang sudah kami sediakan pada bagian Info Pendukung Aktivitas di bawah ini.
  2. Ajak anak untuk menghubungkan garis pada gambar topeng dengan menggunakan pensil. Lalu, warnai gambarnya dengan crayon atau pensil warna sesuai keinginan anak. Mum juga bisa menggunakan panduan warna topeng yang tersedia di bagian Info Pendukung Aktivitas.
  3. Sambil menggambar, minta dirinya juga ya untuk bercerita tentang hewan kesayangannya serta kenapa ia menyukainya.
  4. Topengnya sudah selesai? Manjutkan aktivitas dengan bermain drama sederhana tentang hewan yang dibuat tadi dengan menggunakan topengnya tersebut. Sebagai pelengkap kostum dramanya, anak bisa menggunakan tas hewan favoritnya untuk pentas nanti. Mum bisa mendapatkan tas Animal Backpack dengan membeli 1 kaleng 900 gram Friso Gold 3 (selama persediaan masih ada).

    Ketika bermain drama, jangan lupa untuk mengajak Dad dan anggota keluarga lain untuk menonton pertunjukan Mum bersama anak. Mintalah mereka untuk merekam pertunjukan ini sebagai kenangan-kenangan.
  5. Jangan lupa untuk mengabadikan foto anak bersama topeng buatannya itu, ya. Agar penampilan anak semakin lucu dan menggemaskan, ajak anak untuk mengenakan pakaian atau kostum hewan yang cocok dengan topeng buatannya itu. Bagikan juga foto ceria aktivitas anak ini pada halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments sebagai inspirasi aktivitas untuk Mum lainnya.
  6. Setelah selesai bermain, apresiasi karya anak ini dengan membingkainya dalam pigura yang indah, lalu pajanglah topeng tersebut di ruang tamu. Anak pasti semakin senang dan percaya diri karenanya.

Info Pendukung Aktivitas

Sebelum memulai permainan, Mum dapat menyiapkan perlengkapan di bawah ini:

  • Kertas A4
  • Gunting
  • Crayon atau pensil warna
  • Pensil

Untuk mendukung aktivitas bermain bersama anak, Mum dapat men-donwload berbagai template topeng hewan yang terdapat di bawah ini:

[GAMBAR TOPENG HEWAN]

Friso_Mask_A4-01

Friso_Mask_A4-02

Satu lagi yang tak kalah penting, jangan lupa siapkan camilan sebagai selingan saat anak asyik membuat topeng hewannya tersebut, ya. Di usianya sekarang, ia sebaiknya mendapatkan dua kali menu camilan di sela-sela jadwal makannya, yaitu di antara sarapan dan makan siang, serta makan siang dan malam. Oleh sebab itu, sebelum bermain bersama, Mum bisa menyiapkan terlebih dahulu snack potongan berbagai macam buah segar yang bisa ditaruh terlebih dahulu di kulkas dengan menggunakan tempat makanan kedap udara seperti food container dari Lock & Lock. Dapatkan tempat makan atau botol minum gratis dari Lock & Lock dalam setiap pembelian 1 kaleng 900gr Friso Gold 3 dari 1 Agustus-31 Agustus 2014, selama persediaan masih ada.

Manfaat Bagi Mum

Membuat topeng serta bermain drama bersama anak dapat Mum gunakan untuk mengamati dan menstimulasi perkembangannya saat ini. Lewat berkreasi, Mum juga dapat melihat kemampuan motorik halus anak saat menarik garis dan menggambar serta pemahamannya tentang warna yang digunakannya ketika mewarnai.

Pada usianya saat ini, keterlibatan Mum memiliki peranan penting dalam proses perkembangan anak nanti. Seperti yang diungkapkan oleh Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Karawaci, dr. Ari Mulyani, SpA, stimulasi dari orang tua akan membantu mengoptimalkan proses perkembangan anak di masa emasnya ini. Selain itu, kualitas interaksi antara anak bersama Mum dan Dad juga menjadi salah satu faktor penting dalam proses tumbuh kembangnya.

Manfaat Bagi anak Kegiatan seni memiliki banyak manfaat dalam mengembangkan kemampuan anak secara optimal. Mewarnai topengnya dapat menjadi sarana bagi anak untuk mengekspresikan emosi dan imajinasi, serta melatih konsentrasi. Kegiatan ini juga menjadi sarana yang baik untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, terutama koordinasi antara tangan dan matanya.

Info Gizi Nutrisi

Dengan berbagai aktivitas yang dilakukannya saat ini, anak membutuhkan daya tahan tubuh yang baik agar ia selalu ceria dan bersemangat dalam berkreasi bersama Mum. Bawang putih ternyata memiliki manfaat yang baik dalam menjaga daya tahan tubuhnya tersebut. Seperti yang dikutip dari Nurture Magazine, bawang putih memiliki khasiat yang dapat melawan infeksi serta membantu produksi antibodi dalam tubuh. Oleh sebab itu, Mum dapat menambahkan jenis makanan ini ke dalam menu sayurannya. Namun, agar anak bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari makanan ini, usahakan Mum tidak memasak atau mengolah bawang putihnya terlalu lama, ya.

Susu juga memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Untuk mendukung perkembangannya serta menjaga daya tahan tubuhnya secara menyeluruh, pastikan anak tetap mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang dalam susu pertumbuhannya. Friso Gold 3 dilengkapi dengan kandungan nutrisi Nukleotida serta mineral Zinc, Zat Besi, dan Selenium yang ikut membantu mempertahankan daya tahan tubuh alami anak. Selain itu, kandungan vitamin antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, yang terdapat di dalam susu juga dapat meningkatkan daya kekebalan tubuhnya di masa pertumbuhan saat ini.