Lompat ke isi utama
shutterstock-187211621-e_3r75aJTgjN

7 Vitamin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Hamil

Berikut 7 makanan yang kaya nutrisi untuk Ibu hamil dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tahukah, Mums? Ternyata, daya tahan tubuh Mums di masa kehamilan turut memengaruhi daya tahan tubuh si Kecil sejak di dalam kandungan hingga ia lahir kelak, lho! Ini sebabnya, selain mengetahui daftar makanan kaya nutrisi untuk Ibu hamil, Mums juga perlu mengetahui asupan apa saja yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa kehamilan. Oleh karena itu, yuk, baca info tujuh asupan untuk memperkuat daya tahan tubuh selama hamil berikut ini.

7 Makanan untuk Meningkatkan Imun Ibu Hamil

Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh ibu hamil, antara lain: 

  1. Sup Ayam

    Sup ayam

    Di balik rasanya yang lezat serta kuah hangatnya yang mampu membuat Mums merasa rileks dan nyaman, sup ayam adalah salah satu sumber nutrisi Ibu hamil terbaik untuk menjaga kekebalan tubuh, Mums.

    Kuah sup yang hangat membantu menjaga tubuh Mums agar tetap terhidrasi. Tak hanya itu, kaldu dari daging dan tulang ayam pada sup merupakan sumber Mineral utama, seperti Magnesium, Fosfor, dan Sulfur. Mineral-mineral ini berperan penting dalam memelihara fungsi tubuh pada tingkat sel, jaringan, organ, dan sistem organ.

    Asam Amino pada daging ayam juga membantu menjaga kesehatan Ibu hamil, karena bersifat anti-inflamasi. Dengan kata lain, semakin sering Mums mengonsumsi sup ayam, Mums akan lebih kebal terhadap infeksi dan peradangan selama hamil.

    Baca Juga: 6 Tips Memilih Camilan Anak yang Bergizi Beserta Jenisnya

  2. Telur

    shutterstock-245119171_BNOf8sMP2k

    Telur menjadi sumber nutrisi Ibu hamil berikutnya yang juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh, Mums. Selain mengandung beragam Vitamin dan Mineral, bahan makanan satu ini merupakan sumber alami Zat Besi, Zinc, Asam Lemak Omega-3, Selenium, dan Protein yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Dengan demikian, perbanyak konsumsi telur selama masa kehamilan ya, Mums. Sebelum itu, pastikan telur yang Mums konsumsi benar-benar sudah matang sempurna agar tak menjadi media masuknya bakteri Salmonella ke dalam tubuh.

  3. Smoothie Sayuran

    smoothie sayuran

    Selanjutnya, Mums juga perlu memperbanyak konsumsi sayuran hijau selama masa kehamilan agar daya tahan tubuh selalu prima. Namun, bila Mums bosan mengonsumsi sayur-mayur dengan cara yang itu-itu saja, Mums boleh kok, mengolahnya menjadi smoothie.

    Blender bayam, selada, peterseli, daun mint, dan seledri, kemudian tambahkan wortel, pisang, jeruk, dan jahe sebagai penambah rasa. Smoothie hijau buatan Mums ini kaya Asam Folat, Vitamin C, Vitamin B6, dan Beta Karoten, sehingga akan membantu meningkatkan imunitas tubuh Mums secara efektif, lho.

    Baca juga: Usia Kehamilan 2 Bulan

  4. Daging Merah

    daging merah

    Tak hanya membantu Mums menyediakan nutrisi cukup untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan, Zat Besi yang terkandung pada daging merah juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Mums selama masa kehamilan, lho. Menurut para ahli, tak sekadar membuat tubuh terasa lebih mudah lelah, kekurangan Zat Besi juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Mums, sehingga benda asing berbahaya yang memasuki tubuh tak bisa dilawan dengan baik oleh sistem imun. Oleh karenanya, usahakan untuk memperbanyak konsumsi daging merah ya, Mums.

  5. Yoghurt

    shutterstock-175231781_q0fGVBeCd3

    Mums juga bisa meningkatkan kekebalan alami tubuh di masa kehamilan lewat rutin mengonsumsi yogurt. Sejak lama, yogurt diketahui menjadi salah satu sumber Probiotik yang baik, sehingga mengonsumsinya membantu Mums menjaga kesehatan sistem pencernaan.

    Sistem pencernaan yang sehat adalah awal dari sistem imun yang kuat. Saat sistem pencernaan Mums sehat, ia akan bekerja lebih optimal dalam menghalau hal asing dan berbahaya yang memasuki tubuh lewat saluran cerna.

    Baca Juga: Inilah Daftar Cemilan Anak yang Penting Untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

  6. Oatmeal

    oatmeal

     Terakhir, Mums juga perlu meningkatkan konsumsi oatmeal selama masa kehamilan. Tahukah, Mums? Oatmeal mengandung Protein, Magnesium, Silika, Selenium, Zinc, Serat, Vitamin B kompleks, serta Vitamin E. Hal ini membuat oatmeal bermanfaat untuk memelihara sel-sel tubuh sekaligus melindungi tubuh dari ancaman bakteri, virus, dan agen pembawa bibit penyakit lainnya.

    O iya, asupan sehat yang satu ini juga bisa membantu mengurangi ketegangan pada saraf dan otot Mums, sehingga baik dikonsumsi saat Mums mengalami pegal-pegal di masa kehamilan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kandungan Bayam untuk MPASI Bayi

Buah untuk Meningkatkan Imun Ibu Hamil

Berikut ini ada beberapa buah yang dapat mendukung sistem imun tubuh ibu hamil, di antaranya:

  • Jeruk

    Buah yang dapat meningkatkan imun tubuh ibu hamil yang pertama yaitu jeruk. Seperti yang Mums ketahui, jeruk merupakan buah yang tinggi vitamin C. Nah, vitamin C ini dapat membantu membangun sistem imun tubuh dengan baik. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

  • Pepaya

    Selain jeruk, buah yang kaya vitamin C selanjutnya yaitu pepaya. Mums dapat menemukan jumlah vitamin C yang dianjurkan setiap hari dalam 1 buah pepaya berukuran sedang. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan papain, yaitu enzim pencernaan yang memiliki efek antiinflamasi. 

  • Kiwi

    Buah yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh ibu hamil yang tak kalah penting yaitu kiwi. Selain tinggi vitamin C, kiwi juga mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin E, asam folat, kalium, kalsium, dan magnesium yang penting untuk kesehatan. Vitamin E dalam buah kiwi juga penting untuk membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. 

  • Semangka

    Semangka juga merupakan buah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Ini karena semangka mengandung beragam vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium, dan lainnya.

Suplemen Vitamin untuk Ibu Hamil, Pentingkah?

Mungkin sebagian Mums bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil mengonsumsi suplemen multivitamin di samping konsumsi makanan bergizi seimbang? Sebenarnya boleh-boleh saja, Mums, tetapi harus sesuai dengan anjuran dari dokter. Artinya, Mums sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin yang sudah dijual bebas di pasaran tanpa arahan dari dokter. 

Hal ini penting karena dokter akan menyesuaikan dosis pemberian suplemen multivitamin untuk ibu hamil sesuai dengan kondisi kesehatan Mums dan janin dalam kandungan. Selain itu, sebenarnya ibu hamil yang kondisi kesehatannya normal, cukup mendapatkan vitamin daya tahan tubuh dari berbagai jenis sumber alami dari makanan sehari-hari. Namun, jika Mums tetap ingin mengonsumsi suplemen vitamin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh saat Terkena Covid-19

Seperti yang Mums ketahui, pandemi covid-19 tak kunjung berakhir sehingga membutuhkan perlindungan lebih ekstra untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika Mums terkena covid-19, segeralah konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Ini karena ibu hamil yang terkena covid-19 membutuhkan perawatan yang lebih intensif. 

Setelah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai, maka ada hal lain yang bisa Mums lakukan sebagai cara meningkatkan imun tubuh, antara lain:

  • Berjemur di pagi hari secara rutin
  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang aman untuk ibu hamil
  • Lakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan yang aman untuk ibu hamil, seperti yoga
  • Cukupi waktu istirahat dan tidur
  • Konsumsi suplemen dan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter 

Di samping memperbanyak konsumsi Nutrisi untuk Ibu hamil di atas secara rutin agar daya tahan tubuh terjaga, Mums juga perlu memastikan kebutuhan nutrisi kehamilan Mums terpenuhi dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengonsumsi susu ibu hamil kaya nutrisi seperti Frisomum Gold Dualcare+. Dengan kandungan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, Frisomum Gold Dualcare+ tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mums selama hamil dan menyusui, tetapi juga membantu mengoptimalkan perkembangan janin dengan memperkuat dan melindungi tubuhnya dari dalam. Jadi, selamat menjaga daya tahan tubuh selama masa kehamilan, Bu!