Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

shutterstock-187211621-e_3r75aJTgjN

Yuk, Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Hamil dengan 7 Makanan Ini!

Berikut 7 makanan yang kaya nutrisi untuk Ibu hamil dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tahukah, Mum? Ternyata, daya tahan tubuh Mum di masa kehamilan turut memengaruhi daya tahan tubuh si Kecil sejak di dalam kandungan hingga ia lahir kelak, lho! Ini sebabnya, selain mengetahui daftar makanan kaya nutrisi untuk Ibu hamil, Mum juga perlu mengetahui asupan apa saja yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa kehamilan. Oleh karena itu, yuk, baca info tujuh asupan untuk memperkuat daya tahan tubuh selama hamil berikut ini!

1. Sup Ayam

Di balik rasanya yang lezat serta kuah hangatnya yang mampu membuat Mum merasa rileks dan nyaman, sup ayam adalah salah satu sumber nutrisi Ibu hamil terbaik untuk menjaga kekebalan tubuh, Mum.

Kuah sup yang hangat membantu menjaga tubuh Mum agar tetap terhidrasi. Tak hanya itu, kaldu dari daging dan tulang ayam pada sup merupakan sumber Mineral utama, seperti Magnesium, Fosfor, dan Sulfur. Mineral-mineral ini berperan penting dalam memelihara fungsi tubuh pada tingkat sel, jaringan, organ, dan sistem organ.

Asam Amino pada daging ayam juga membantu menjaga kesehatan Ibu hamil, karena bersifat anti-inflamasi. Dengan kata lain, semakin sering Mum mengonsumsi sup ayam, Mum akan lebih kebal terhadap infeksi dan peradangan selama hamil.   

2. Telur

shutterstock-245119171_BNOf8sMP2k

Telur menjadi sumber nutrisi Ibu hamil berikutnya yang juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh, Mum. Selain mengandung beragam Vitamin dan Mineral, bahan makanan satu ini merupakan sumber alami Zat Besi, Zinc, Asam Lemak Omega-3, Selenium, dan Protein yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan demikian, perbanyak konsumsi telur selama masa kehamilan ya, Mum. Sebelum itu, pastikan telur yang Mum konsumsi benar-benar sudah matang sempurna agar tak menjadi media masuknya bakteri Salmonella ke dalam tubuh.

3. Bawang Putih

Andrea Moss, seorang ahli nutrisi holistik dari Moss Wellness, New York, Amerika Serikat, mengungkapkan, bawang putih adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung antivirus dan antibakteri alami. Di dalam bawang putih terdapat kandungan sulfurik alami bernama allicin yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, Mum. Ini sebabnya, saat Mum merasa daya tahan tubuh menurun (biasanya ditandai dengan meningkatnya frekuensi mengalami flu), Andrea menyarankan Mum untuk mengambil satu siung bawang putih mentah, memotongnya menjadi empat atau lima bagian, kemudian mengonsumsinya.

4. Smoothie Sayuran

Selanjutnya, Mum juga perlu memperbanyak konsumsi sayuran hijau selama masa kehamilan agar daya tahan tubuh selalu prima. Namun, bila Mum bosan mengonsumsi sayur-mayur dengan cara yang itu-itu saja, Mum boleh kok, mengolahnya menjadi smoothie.

Blender bayam, selada, peterseli, daun mint, dan seledri, kemudian tambahkan wortel, pisang, jeruk, dan jahe sebagai penambah rasa. Smoothiehijau buatan Mum ini kaya Asam Folat, Vitamin C, Vitamin B6, dan Beta Karoten, sehingga akan membantu meningkatkan imunitas tubuh Mum secara efektif, lho.

5. Daging MerahTak hanya membantu Mum menyediakan nutrisi cukup untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan, Zat Besi yang terkandung pada daging merah juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Mum selama masa kehamilan, lho. Menurut para ahli, tak sekadar membuat tubuh terasa lebih mudah lelah, kekurangan Zat Besi juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh Mum, sehingga benda asing berbahaya yang memasuki tubuh tak bisa dilawan dengan baik oleh sistem imun. Oleh karenanya, usahakan untuk memperbanyak konsumsi daging merah ya, Mum.

6. Yoghurt

shutterstock-175231781_q0fGVBeCd3

Mum juga bisa meningkatkan kekebalan alami tubuh di masa kehamilan lewat rutin mengonsumsi yogurt. Sejak lama, yogurt diketahui menjadi salah satu sumber Probiotik yang baik, sehingga mengonsumsinya membantu Mum menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sistem pencernaan yang sehat adalah awal dari sistem imun yang kuat. Saat sistem pencernaan Mum sehat, ia akan bekerja lebih optimal dalam menghalau hal asing dan berbahaya yang memasuki tubuh lewat saluran cerna.

7. Oatmeal

Terakhir, Mum juga perlu meningkatkan konsumsi oatmeal selama masa kehamilan. Tahukah, Mum? Oatmeal mengandung Protein, Magnesium, Silika, Selenium, Zinc, Serat, Vitamin B kompleks, serta Vitamin E. Hal ini membuat oatmeal bermanfaat untuk memelihara sel-sel tubuh sekaligus melindungi tubuh dari ancaman bakteri, virus, dan agen pembawa bibit penyakit lainnya.

O iya, asupan sehat yang satu ini juga bisa membantu mengurangi ketegangan pada saraf dan otot Mum, sehingga baik dikonsumsi saat Mum mengalami pegal-pegal di masa kehamilan.

Di samping memperbanyak konsumsi tujuh Nutrisi untuk Ibu hamil di atas secara rutin agar daya tahan tubuh terjaga, Mum juga perlu memastikan kebutuhan nutrisi kehamilan Mum terpenuhi dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan rutin mengonsumsi susu ibu hamil kaya nutrisi seperti Frisomum Gold. Dengan kandungan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, Friso Mum Gold tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum selama hamil dan menyusui, tetapi juga membantu mengoptimalkan perkembangan janin dengan memperkuat dan melindungi tubuhnya dari dalam. Jadi, selamat menjaga daya tahan tubuh selama masa kehamilan, Bu!