Lompat ke isi utama
Zat Besi: Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Ibu Hamil & Janin

Zat Besi: Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Ibu Hamil & Janin

Sebenarnya, ketika Mum tidak hamil pun tubuh memerlukan Zat Besi. Ya, Zat besi berperan dalam pembuatan hemoglobin.

Memasuki trimester kedua, Mummemerlukan lebih banyak asupan mineral. Salah satunya adalah Zat Besi yang bisadiperoleh dari aneka asupan bergizi, seperti telur, ikan, roti gandum, kacang merah, serta susu ibu hamil. Tak hanya itu, Zat Besi jugamerupakan jenis mineral yang bermanfaat untuk melindungi plasenta dan janin.

Nah, berikut ini adalah berbagaihal yang perlu Mum ketahui tentang pentingnya Zat Besi untuk kehamilan. Kitasimak bersama-sama, yuk!

Kapan Mum Perlu Asupan Zat Besi?

Sebenarnya, ketika Mum tidak hamil pun tubuh memerlukan Zat Besi. Ya, Zat besi berperan dalam pembuatan hemoglobin, yaitu Protein yang berfungsi mengedarkan oksigen kesel-sel lain di seluruh tubuh. Zat Besi juga menjadi mineral penting dari beberapa Protein, seperti Kolagen, Protein dalam jaringan ikat termasuk tulang rawan, dan mioglobin, yaitu Protein yang membantu membawa oksigen ke otot.Baiknya lagi, Zat Besi berguna untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seberapa Pentingkah Zat Besi bagi Ibu Hamil? 

Ketika sedang hamil, Mummemerlukan Zat Besi lebih banyak. Sebab, ketika hamil produksi darah merah didalam tubuh bertambah. Oleh karena itu, Zat Besi diperlukan untuk memproduksi lebih banyak hemoglobin. Ya, Mum memang memerlukan Zat Besi dalam jumlah lebih di trimester ini untuk tumbuh kembang janin. Kekurangan Zat Besi bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, atau bahkan lahir prematur.

Baca juga: Usia Kehamilan 9 Bulan

Apa Saja Sumber Zat Besi?

Tahukah, Mum? Pada dasarnya, Zat Besi terdiri dari dua jenis. Pertama, Zat Besi Heme yang terdapat pada daging-dagingan seperti ayam,sapi, dan kalkun. Jenis nutrisi ibu hamil ini punmudah terserap dalam tubuh. Berikutnya adalah Zat Besi Non-heme yang terdapatpada sayur-mayur seperti bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Mum juga bisamendapatkan salah satu sumber Zat Besi yang paling baik, yaitu daging merah.

Adakah Tips Agar Ibu Hamil Lebih Mudah Mendapatkan Zat Besi? 

 Pada dasarnya Zat Besi mudah didapat, lho. Jadi, pastikan Mum cukup mendapatkan nutrisi ibu hamil iniuntuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan janin. Perbanyak konsumsi sumberVitamin C, seperti brokoli dan jus jeruk. Sebab, Vitamin C dapat membantumeningkatkan penyerapan Zat Besi.