Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Zat Besi: Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Ibu Hamil & Janin

Zat Besi: Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Ibu Hamil & Janin

Memasuki trimester kedua, Mummemerlukan lebih banyak asupan mineral. Salah satunya adalah Zat Besi yang bisadiperoleh dari aneka asupan bergizi, seperti telur, ikan, roti gandum, kacang merah, serta susu ibu hamil. Tak hanya itu, Zat Besi jugamerupakan jenis mineral yang bermanfaat untuk melindungi plasenta dan janin.

Nah, berikut ini adalah berbagaihal yang perlu Mum ketahui tentang pentingnya Zat Besi untuk kehamilan. Kitasimak bersama-sama, yuk!

Kapan Mum Perlu Asupan Zat Besi?

Sebenarnya, ketika Mumtidak hamil pun tubuh memerlukan Zat Besi. Ya, Zat besi berperan dalampembuatan hemoglobin, yaitu Protein yang berfungsi mengedarkan oksigen kesel-sel lain di seluruh tubuh. Zat Besi juga menjadi mineral penting daribeberapa Protein, seperti Kolagen, Protein dalam jaringan ikat termasuk tulangrawan, dan mioglobin, yaitu Protein yang membantu membawa oksigen ke otot.Baiknya lagi, Zat Besi berguna untuk membantu memperkuat sistem kekebalantubuh.

Seberapa Pentingkah Zat Besi bagi Ibu Hamil? 

Ketika sedang hamil, Mummemerlukan Zat Besi lebih banyak. Sebab, ketika hamil produksi darah merah didalam tubuh bertambah. Oleh karena itu, Zat Besi diperlukan untuk memproduksilebih banyak hemoglobin. Ya, Mum memang memerlukan Zat Besi dalam jumlah lebihdi trimester ini untuk tumbuh kembang janin. KekuranganZat Besi bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, atau bahkan lahirprematur.

Apa Saja Sumber Zat Besi?

Tahukah, Mum? Pada dasarnya,Zat Besi terdiri dari dua jenis. Pertama, Zat Besi Heme yang terdapat pada daging-dagingan seperti ayam,sapi, dan kalkun. Jenis nutrisi ibu hamil ini punmudah terserap dalam tubuh. Berikutnya adalah Zat Besi Non-heme yang terdapatpada sayur-mayur seperti bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Mum juga bisamendapatkan salah satu sumber Zat Besi yang paling baik, yaitu daging merah.

Adakah Tips Agar Ibu Hamil Lebih Mudah Mendapatkan Zat Besi? 

 Pada dasarnya Zat Besimudah didapat, lho. Jadi, pastikan Mum cukup mendapatkan nutrisi ibu hamil iniuntuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan janin. Perbanyak konsumsi sumberVitamin C, seperti brokoli dan jus jeruk. Sebab, Vitamin C dapat membantumeningkatkan penyerapan Zat Besi.